STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACAPADA SISWA KELAS 2 MI AL-MUJAHIDINTEMPOS
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas 2 MI Al-Mujahidin Tempos serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca tersebut. Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiridari siswa kelas 2 yang mengalami kesulitan membaca dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan membaca yang dialami siswa meliputi: ketidak mampuan mengenali huruf, kesulitan mengeja, kesalahan dalam pelafalan huruf, lemahnya daya ingat, hingga kurang fokusnya saat pembelajaran berlangsung. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan membaca siswa, yaitu faktor internal seperti kondisi fisiologis, inteligensi, dan minat belajar. Faktor eksternal seperti kurangnya pendampingan dari orang tua, lingkungan masyarakat, dan metode pembelajaran guru. Strategi guru dalammengatasi kesulitan tersebut antara lain adalah penggunaan media pembelajaran yang menarik, pemberian jam tambahan, program membaca bersama, serta pemberian motivasi dan penguatan kepercayaan dirisi swa.