PENTINGNYA PUBLIC SPEAKING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KOMUNIKASI MAHASISWA

Penulis

  • Wulan Isk stit

Kata Kunci:

Public Speaking, Kompetensi Komunikasi, Mahasiswa PGMI, Calon Guru, Pendidikan Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan public speaking berperan dalam meningkatkan kompetensi komunikasi mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Kompetensi komunikasi menjadi salah satu keterampilan utama yang harus dimiliki oleh calon guru, terutama dalam menyampaikan materi pembelajaran dan berinteraksi secara efektif dengan siswa maupun lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode korelasional. Sampel penelitian berjumlah 120 mahasiswa PGMI semester 4 dan 6 yang dipilih melalui teknik purposive sampling, berdasarkan keterlibatan mereka dalam kegiatan public speaking. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson dan regresi linier sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan public speaking mahasiswa mayoritas berada pada kategori tinggi dan cukup. Kompetensi komunikasi mahasiswa juga tergolong baik, ditandai dengan kemampuan menyampaikan pendapat, mendengarkan aktif, dan berargumentasi secara logis. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan public speaking dan kompetensi komunikasi dengan nilai r = 0,712 dan signifikansi 0,000. Sementara itu, hasil regresi menunjukkan bahwa kemampuan public speaking memberikan kontribusi sebesar 50,7% terhadap kompetensi komunikasi mahasiswa. Temuan ini menunjukkan bahwa keterampilan public speaking merupakan faktor penting yang harus dikembangkan dalam pendidikan calon guru PGMI untuk mendukung keberhasilan mereka sebagai komunikator dalam dunia pendidikan.

Diterbitkan

15-08-2025