UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SIAWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI NW BERMBENG

Authors

  • Kartayani
  • Nirawati
  • eni septianai UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARATA

Keywords:

Upaya Guru, Keaktifan Siswa, Pembelajaran Akidah Akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan apa saja Faktor penghambat guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV MI NW Berembeng Lombok Tengah. Jenis penelitian yang digunkan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel pada penelitin ini menggunakan purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Adapun hasil penelitian yang dilakukan peneliti selama 1 bulan dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran akidah akhlak kelas IV adalah dengan cara memberikan motivasi atau dorongan , dengan menggunakan metode yang bervariasi diantaranya menggunakan media pembelajaran, diskusi kelompok, memberikan pujian yang wajar, memberikan angka atau nilai, menciptakan suasana yang menyenangkan, seperti metode bermain peran dan  memberikan tugas kepada siswa sedangkan Faktor yang menjadi penghambat guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran akidah akhlak kelas IV MI NW BEREMBENG Lombok Tengah  terdiri dari dua faktor, yaitu internal dan eksternal, faktor internalnya siswa tersebut kurang percaya diri, pemahaman rendah, sulit mengerti dan masih tertanam sifat senang bermain. Sedangkan faktor eksternalnya adalah kurangnya motivasi atau dorongan dari orang tua, faktor lingkungan, stimulasi,  nutrisi, serta gaya belajar.

Published

2023-11-20