KOLABORASI PERAN ORANGTUA DAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI MORAL SISWA KELAS IV DI SDN 2 MARONG

Penulis

  • eni septianai UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARATA

Abstrak

Absrak: Fenomena yang terjadi saat ini sangat memperihatinkan masyarakat karena media masa maupun digital seringkali memberitakan banyak kasus yang terjadi dikalangan anak usia sekolah dasar yang membuat para orangtua dan guru kawatir mengingat bahwa, anak-anak sekarang cepat sekali meniru adegan orang dewasa, seperti: kekerasan, berbicara tidak pantas bahkan melawan orangtua. Kondisi tersebut sangat menyedihkan bagi para orangtua dan guru mengingat dunia anak yang seharusnya belajar sambil bermain dan menyenangkan tetapi diisi dengan perbuatan yang tidak pantas. Oleh karena itu, Kolaborasi peran orangtua dan guru sangat dibutuhkan untuk penanaman nilai moral siswa. Penelitian ini mengkaji beberapa fokus masalah yakni: 1) Bagaimana kolaborasi peran orang tua dan guru dalam penanaman nilai moral siswa kelas IV di SDN 2 Marong. 2) Apa faktor penunjang dan penghambat orang tua dan guru dalam penanaman nilai moral siswa kelas IV SDN 2 Marong.

 

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun  teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman dengan cara: tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Untuk uji keabsahan datanya menggunakan Trianggulasi sumber data.

 

            Hasil dari penelitian ini yaitu: 1). Kolaborasi peran orangtua dan guru dalam penanaman nilai moral anak yaitu melalui 2 bentuk, pertama,parenting meliputi: pembiasaan, pemberian contoh atau suri tauladan dan  pemahaman, kedua, komunikasi, yang digunakan sebagai bentuk peroses penginformasian melalui grup whatsappoleh guru kepada orangtua siswa.

2).  Faktor penunjang dan penghambat orangtua dan guru dalam penanaman nilai moral siswa  adalah: pertama, faktor pendukung yang dilihat dari 2 faktor yaitu: faktor guru, faktor orangtua/keluarga dan lingkugan ,kedua, faktor penghambat dalam membentuk nilai moral anak yaitu: dari segi waktu yang kurang maksimal dan fasilitas penunjang proses pembelajaran kurang memadai. Serta kurangnya peran orangtu dalam mendapingi kegiatan belajar anak.

Unduhan

Diterbitkan

15-05-2023