ANALISIS BUKU AJAR TEMATIK TEMA INDAHNYA ‎KEBERSAMAAN KURIKULUM 2013 UNTUK SD/MI KELAS ‎IV

Penulis

  • Wulan Isk stit

Abstrak

Buku ajar merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran yang memegang peranan penting dalam rangka membantu siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan. Buku ajar  berisikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau nilai yang harus dipelajari siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan analisis content, dalam hal ini isi buku ajar dianalisis berdasarkan kelayakan materi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan dan kelayakan kegrafikan berdasarkan BSNP. Subjek penelitian ini adalah buku tematik siswa kelas IV tema 1 dan tema 2 karangan Anggi Anggari dkk terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017 dengan menggunakan Kurikulum 2013.

Hasil dari penelitian menunjukkan skor aspek kelayakan isi materi buku siswa tema 1 sebesar 76.20% dan tema 2 78.50% ; skor keidealan materi berdasarkan respons siswa buku tema 1 dan buku tema 2 sebesar 100 % termasuk dalam kategori sangat baik. Skor aspek kelayakan penyajian pada tema 1 76.20% dan tema 2 78.50; skor keidealan materi berdasarkan respons siswa untuk buku tema 1 dan buku tema 2 sebesar 100 % termasuk kategori sangat baik. Skor aspek kelayakan kebahasaan pada tema 1 dan tema 2 sebesar 87.50 %; skor keidealan materi berdasarkan respons siswa untuk buku tema 1 dan buku tema 2 sebesar 100 % termasuk kategori sangat baik. Skor aspek kelayakan kegrafikan buku siswa tema 1 sebesar 90.85% dan tema 2 83.53%; skor keidealan materi berdasarkan respons siswa untuk buku tema 1 dan buku tema 2 sebesar 100 %. termasuk dalam kategori sangat baik.

Unduhan

Diterbitkan

15-05-2023