Meningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN Penimpoh

Authors

  • Nori Saswita STIT DARUSSALIMIN NW PRAYA

Keywords:

Hasil Belajar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Kooperatif  Tipe Jigsaw pada siswa kelas IV di SDN Penimpoh pada materi IPA pokok bahasan Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas IV dengan jumlah siswa 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan pada keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase 3,23%, sedangkan pada hasil belajar siswa terjadi peningkatan sebesar 16,66%. Selain itu siswa memberikan respon yang baik terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw.

 

Abstract: This study aims to describe the used of Jigsaw-type cooperative learning model in fourth grade students at SDN Penimpoh on the subject of understanding various forms of energy and how to uses in daily life. This type of research was Class Action Research (CAR). The study consisted of two cycles with two meetings. Subjects in this study were fourth graders with a total of 30 students. The results showed an increase in the implementation of learning with a percentage of 3.23%, while the student learning outcomes increased by 16.66%. In addition, the students respond well to learn by used a jigsaw-type cooperative learning model.

Published

2023-05-15