ANALISIS KOMUNIKASI PEMBELAJARAN BUKU TEMATIK KELAS III SD/MI
Keywords:
Komunikasi, Pembelajaran, Materi Pokok MI/SDAbstract
Komunikasi merupakan sarana penting bagi tenaga pengajar dalam menyelenggarakan kegiatan belajar dan pembelajaran dimana akan membangun pemahaman peserta didiknya tentang materi yang diajarkan. Melalui komunikasi sebagai sumber menyampaikan informasi materi pembelajaran kepada penerima yaitu peserta didik dengan menggunakan simbol-simbol baik lisan, tulisan, bahasa verbal (Interpersonal, Publik, dan Kelompok) dan non-verbal. Sebaliknya peseta didik akan menyampaikan berbagai pesan sebagai respon kepada tenaga pengajar tersebut sehingga terjadi komunikasi dua arah guna meningkatkan keberhasilan komunikasi untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu terjadinya perubahan tingkah laku dalam diri siswa. Dalam penulisan artikel ilmiah ini telaah hasil analisis komunikasi pada buku siswa dan buku guru pada kelas 3 MI/SD sehingga pada buku guru dan buku siswa MI/SD Kelas III sudah relevan dengan kondisi psikologis peserta didik. Pendidikan juga akan lebih bermakna jika terjalin komunikasi yang intensif antara guru dan siswa. Sebab dengan komunikasi yang intensif, guru dapat mengetahui kondisi Psikologis peserta didik dan tingkat perkembangan emosional siswa. Selain itu, guru juga mengetahui secara akurat tingkat kesulitan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran.