PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK STUDI KASUS DI MA NURUSSA’ADATAIN NAHDLATUL WATHAN GONJONG.
Kata Kunci:
Peran Guru, Disiplin BelajarAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil penelitian Peran Guru dalam meningkatkan disiplin belajar siswa studi kasus di MA Nurussa’adatain Nahdlatul Wathan Gonjong. Disipln merupakan suatu sifat yang harus dimiliki oleh seluruh manusia khususnya pelajar. Disiplin siswa merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh siswa, dalam mewujudkan kedisiplinan tidak lepas dari peran seorang guru. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini bersifat fenomenologis yaitu menyelidiki suatu fenomena sosial atau permasalahan manusia. . bahwa penelitian kualitatif adalah suatu metode yang digunakan untuk meneliti keadaan benda-benda alam, dimana peneliti sebagai instrumen kuncinya. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan Trianggulasi. Sifat analisis data dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan proses pencarian dan penyusunan secara sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru MA Nurussa’adatain NW Gonjong merasa berkewajiban untuk menanamkan dan menumbuhkan karakter kedisiplinan pada siswa sekolah. Ada dua hal yang dilakukan guru untuk menanamkan kedisiplinan belajar, yaitu tertib atau disiplin pada waktu yang telah ditentukan dan menunjukkan sikap serta tindakan kedisiplinan yang terlihat melalui kesetiaan mengikuti pelajaran sampai jam pelajaran, tidak membolos, tertib dan tidak berisik di kelas dan lain sebagainya. pada. Guru MA Nurussa'adatain NW Gonjong menjalankan beberapa peran khusus dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa seperti mengajar dan mendidik siswa untuk mentaati peraturan baik verbal maupun non verbal melalui contoh kehidupan disiplin, menjadi teladan dalam hal kedisiplinan, membimbing dan memberikan motivasi kepada siswa. melihat pentingnya disiplin belajar guna mencapai keberhasilan dalam belajar. Tanpa disiplin belajar, seorang siswa tidak dapat mencapai keberhasilan dalam studinya.