FUNGSI SESENGGAK DALAM MASYARAKAT SASAK

Analisis Kritis Nilai Pendidikan, Sosial dan Budaya

Penulis

  • Lindayana

Kata Kunci:

Sesenggak, Fungsi Sesenggak, Sasak

Abstrak

Sastra adalah bagian dari kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat. Karya Sastra yang tercipta di tengah-tengah masyarakat, akan mencerminkan pola tingkah laku dan pola pikir masyarakat tersebut. Hal ini terlihat dalam Sesenggak Sasak yang mencerminkan jati diri suku Sasak. Sesenggak Sasak memiliki fungsi yang sangat berharga dalam kehidupan masyarakat suku Sasak. Sesenggak Sasak sebagai sebuah tradisi atau budaya daerah, masih terus dipergunakan meskipun saat ini sudah berkurang. Berkurangnya penggunaan ungkapan sebagai sarana komunikasi lebih disebabkan oleh semakin berkurangnya perhatian masyarakat dalam menggunakannya.

 

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan, soaial dan budaya Sesenggak Sasak, dan (2) mendeskripsikan fungsi Sesenggak Sasak dalam kehidupan masyarakat Sasak. Metode yang digunakan dalama penelitian ini adalah metode kualitatif-deskrifitif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan dokumentasi.

 

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, diketahui bahwa Sesenggak Sasak merupakan kekayaan budaya yang sangat berharga yang mengandung berbagai fungsi, ajaran dan aturan yang mengatur tata aturan pergaulan dalam kehidupan masyarakat Suku Sasak, yang meliputi: keimanan dan ketakwaan, budi pekerti, kepribadian, etos kerja, kemandirian dan pendidikan tanggung jawab.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-10