INTERNALISASI NILAI AKHLAK MELALUI METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS CERITA ISLAMI DI MADRASAH ALIYAH AL-JAMIL BARE ELEH DESA AIK BUAL TAHUN PELAJARAN 2025/2026

Penulis

  • Meli Aini STIT DARUSSALIMIN NW PRAYA

Kata Kunci:

: Internalisasi nilai akhlak, Bahasa Arab, metode cerita Islami, pendidikan karakter

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya internalisasi nilai akhlak dalam pendidikan, khususnya melalui pembelajaran Bahasa Arab. Di era digital, tantangan degradasi moral semakin besar sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga mampu menanamkan nilai-nilai Islami. Salah satu metode yang dianggap efektif adalah metode cerita Islami, karena selain menyajikan kosa kata Bahasa Arab, juga menyampaikan pesan moral yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses internalisasi nilai akhlak melalui pembelajaran Bahasa Arab berbasis cerita Islami di MA Al-Jamil Bare Eleh, mengidentifikasi nilai-nilai akhlak yang berhasil diinternalisasikan, serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dari guru dan siswa kelas X MA Al-Jamil Bare Eleh. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menghubungkan hasil penelitian dan teori pendidikan akhlak yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai akhlak dilakukan melalui tahapan transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai. Nilai-nilai yang berhasil ditanamkan meliputi kesabaran, kedermawanan, kepedulian sosial, kejujuran, dan sopan santun. Faktor pendukung keberhasilan proses ini adalah metode cerita Islami yang menarik, keteladanan guru, dan budaya sekolah yang Islami. Adapun hambatannya adalah kurangnya konsistensi sebagian siswa akibat pengaruh game online dan media sosial

Unduhan

Diterbitkan

15-10-2025