EFEKTIVITAS METODE FONETIK DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB KELAS XI MA RABITHATUSSA’ADAH LENDANG TENGAK TAHUN PELAJARAN 2025/2026

Penulis

  • sitisolehatulisamiyah STIT DARUSSALIMIN NW PRAYA

Abstrak

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian lapangan, data dikumpulkan melalui observasi wawancara dokumentasi, dengan sumber data primer guru bahasa Arab dan siswa kelas XI serta sumber data sekunder berupa dokumen sekolah, analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, Serta diuji keabsahan datanya melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode fonetik efektif meningkatkan keterampilan membaca teks Arab siswa kelas XI MA Rhabithatussa’adah, termasuk ketepatan pelafalan, kelancaran membaca, dan rasa percaya diri. Metode ini juga mempermudah guru menyusun strategi pembelajaran yang sistematis serta berperan sebagai fasilitator. Melalui latihan makhraj, pengulangan bunyi, dan pembacaan serempak, siswa mampu memperbaiki pelafalan, memahami bunyi huruf, dan menjadi lebih antusias dalam belajar, sehingga metode fonetik terbukti menjadi strategi pembelajaran yang efektif dan bermanfaat bagi siswa, guru, dan madrasah.

Unduhan

Diterbitkan

15-08-2025