Upaya meningkatkan kemampuan membaca kalimat bahasa Arab dengan menggunakan metode Al-jami'i MTs. Darul musthofa NW Repok Atas
Kata Kunci:
Improving Skills, Reading, Al-Jami'i MethodAbstrak
Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Kalimat Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Al-Jami’i di Kelas VII MTs. Darul Musthofa Nahdlatul Wathan Repok Atas Tahun Pelajaran 2025/2026
Oleh : Lola Ardika Yana
Pokok masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca kalimat bahasa Arab pada siswa kelas VII MTs Darul Musthofa Nahdlatul Wathan Repok Atas. Siswa masih kesulitan dalam melafalkan kalimat Arab dengan benar, memahami struktur kalimat, serta menangkap makna secara utuh. Hal ini berdampak pada rendahnya minat siswa terhadap pelajaran bahasa Arab secara umum. Problematika ini semakin kompleks karena sebagian besar siswa tidak memiliki latar belakang kemampuan dasar bahasa Arab yang memadai, kurangnya media pembelajaran yang menarik, serta penggunaan metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam penerapan metode Al-Jāmi‘i sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca kalimat bahasa Arab siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi kegiatan belajar mengajar, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi terhadap hasil belajar dan aktivitas pembelajaran. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut adalah dengan menerapkan metode Al-Jāmi‘i, yaitu sebuah pendekatan pembelajaran yang bersifat terpadu dan kolaboratif, yang menekankan pada latihan membaca bersama secara berkelompok, diskusi terbimbing, dan penguatan pemahaman melalui tanya jawab. Guru berperan sebagai fasilitator aktif yang membimbing siswa dalam pelafalan, menjelaskan struktur kalimat, serta memberikan makna kata dan konteks kalimat yang relevan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Al-Jāmi‘i dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran membaca kalimat bahasa Arab. Siswa menjadi lebih percaya diri dalam membaca, lebih lancar dalam pelafalan, serta lebih memahami makna kalimat yang dibaca. Lingkungan belajar menjadi lebih aktif, komunikatif, dan menyenangkan. Dengan demikian, metode Al-Jāmi‘i terbukti efektif sebagai alternatif strategi pembelajaran membaca bahasa Arab di tingkat madrasah tsanawiyah.