PENGGUNAAN SMART GAME CARD DALAM MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA ARAB DI MTS NURUL IMAN NW KEMBANG KERANG TAHUN PELAJARAN 2024 2025
Kata Kunci:
Hasil Belajar Bahasa ArabAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menghafal kosakata Bahasa Arab yang berdampak pada kurangnya pemahaman mereka dalam pembelajaran. Salah satu solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah penggunaan Smart Game Card sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan Smart Game Card dapat membantu siswa di MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang dalam menghafal kosakata Bahasa Arab.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penggunaan Smart Game Card, siswa mengalami kesulitan dalam menghafal kosakata dan cenderung kurang termotivasi. Namun, setelah penggunaan media tersebut, siswa terlihat lebih antusias, aktif, dan termotivasi dalam pembelajaran. Smart Game Card juga membantu siswa mengingat kosakata dengan lebih mudah melalui kegiatan permainan yang menyenangkan.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan Smart Game Card terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan siswa menghafal kosakata bahasa Arab. Media ini dapat dijadikan alternatif inovasi dalam pembelajaran bahasa Arab di madrasah.
Kata kunci: Smart Game Card, Kosakata, Bahasa Arab, Pembelajaran