STRATEGI GURU BAHASA ARAB DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM MEMPELAJARI QAWAID (TATA BAHASA ARAB) DI MTS NW JELOJOK TAHUN 2024/2025
Abstrak
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru meliputi pembelajaran yang sistematis dan bertahap, penerapan pendekatan deduktif-induktif, penerapan tutor sebaya melalui diskusi kelompok, evaluasi formatif disertai umpan balik cepat, serta penggunaan bahasa pengantar yang tepat (kombinasi bahasa Indonesia dan Arab sederhana). Strategi-strategi tersebut terbukti efektif dalam meningkatkan kesiapan kognitif siswa, menyesuaikan gaya belajar, memvisualisasikan kaidah, meningkatkan kepercayaan diri dan keterlibatan siswa, serta mengurangi miskonsepsi dalam memahami tata bahasa Arab.