http://jurnal.stitdarussaliminnw.ac.id/index.php/al-rahmah/issue/feed AL-RAHMAH | Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman 2024-03-15T08:51:09+00:00 Open Journal Systems <p>Jurnal Al-Rahmah diterbitkan oleh Kampus STIT Darussalimin NW Praya. Fokus pada Pendidikan dan Kajian Keislam.</p> http://jurnal.stitdarussaliminnw.ac.id/index.php/al-rahmah/article/view/66 PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK STUDI KASUS DI MA NURUSSA’ADATAIN NAHDLATUL WATHAN GONJONG. 2024-02-05T04:29:28+00:00 Zainudin murnizaenudin2@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil penelitian Peran Guru dalam meningkatkan disiplin belajar siswa studi kasus di MA Nurussa’adatain Nahdlatul Wathan Gonjong. Disipln merupakan suatu sifat yang harus dimiliki oleh seluruh manusia khususnya pelajar. Disiplin siswa merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh siswa, dalam mewujudkan kedisiplinan tidak lepas dari peran seorang guru. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini bersifat fenomenologis yaitu menyelidiki suatu fenomena sosial atau permasalahan manusia. . bahwa penelitian kualitatif adalah suatu metode yang digunakan untuk meneliti keadaan benda-benda alam, dimana peneliti sebagai instrumen kuncinya. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan Trianggulasi. Sifat analisis data dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan proses pencarian dan penyusunan secara sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru MA Nurussa’adatain NW Gonjong merasa berkewajiban untuk menanamkan dan menumbuhkan karakter kedisiplinan pada siswa sekolah. Ada dua hal yang dilakukan guru untuk menanamkan kedisiplinan belajar, yaitu tertib atau disiplin pada waktu yang telah ditentukan dan menunjukkan sikap serta tindakan kedisiplinan yang terlihat melalui kesetiaan mengikuti pelajaran sampai jam pelajaran, tidak membolos, tertib dan tidak berisik di kelas dan lain sebagainya. pada. Guru MA Nurussa'adatain NW Gonjong menjalankan beberapa peran khusus dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa seperti mengajar dan mendidik siswa untuk mentaati peraturan baik verbal maupun non verbal melalui contoh kehidupan disiplin, menjadi teladan dalam hal kedisiplinan, membimbing dan memberikan motivasi kepada siswa. melihat pentingnya disiplin belajar guna mencapai keberhasilan dalam belajar. Tanpa disiplin belajar, seorang siswa tidak dapat mencapai keberhasilan dalam studinya.</p> 2023-11-08T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 AL-RAHMAH | Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman http://jurnal.stitdarussaliminnw.ac.id/index.php/al-rahmah/article/view/102 STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI SDN JENGGUAR BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH 2024-03-15T08:51:09+00:00 M. Najamudin Aminullah najamudin@stitdarussaliminnw.ac.id <p>Al-qur’an selain sebagai kitab suci umat islam, juga sebagai pedoman, dan rujukan dalam setiap amalan setiap orang islam, sehingga mempelajari menjadi satu keharusan dan mengajarkannya menjadi kewajiban dan tanggung jawab tersendiri bagi guru yang mengajarkannya, khususnya bagi guru Pendidikan Agama Islam di SDN Jengguar Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah.</p> <p>Memiliki kemampuan membaca al-Qur’an termasuk hal yang bersifat urgent dan <em>daruriy, </em>hal demikian menuntut guru yang mengajarkannya berfikir ekstra untuk mencapai hajat tersebut, pertama-tama guru harus mampu menemukan kendala dan kesulitan apa yang membuat peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar membaca al-Qur’an, kemudian memetakannaya menjadi beberapa bagaian dan memikirkan solusi apa yang sesuai untuk setiap kendala tersebut, selain guru harus memiliki kemampuan terhadap ilmu yang akan diajarknnya, ia juga harus memiliki cara atau strategi yang tepat dan bijak dalam mengajar membaca al-Qur’an.</p> 2023-11-21T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 AL-RAHMAH | Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman