DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENDIDIKAN SERTA KAITANNYA DENGAN ANDRAGOGI KURIKULUM MERDEKA DALAM RANGKA PERKEMBANGAN PENDIDIKAN

Penulis

  • Nurfiya Syahrani
  • Restu Nabila

Kata Kunci:

Covid-19, Kurikulum Merdeka, E-learning, Inovasi Kurikulum

Abstrak

Jurnal ini mengulas tentang fenomena terjadinya Covid-19 telah mencetuskan perubahan besar terhadap dunia pendidikan, yakni perubahan pada proses belajar yang pada awalnya face to face learning menjadi online learning. Adanya proses belajar online learning pada era covid di manifestasikan agar proses belajar yang dilakukan tidak terhambat dan terus berjalan dengan baik dan teratur. Meskipun Covid-19 ini telah membawa cara belajar dengan proses yang berbeda dan berinovasi, namun hal baru seperti ini juga terkadang tidak sesuai hasil kinerjanya dengan apa yang di inginkan. Masa pandemi Covid-19 ini telah menyebabkan ketertinggalan dalam proses pembelajaran (learning loss) yang tidak sama pada perolehan kompetensi peserta didik dan krisis pembelajaran (learning crisis). Maka adanya andragogi kurikulum merdeka merupakan upaya pemulihan proses pembelajaran oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi (KEMENDIKBUDRISTEK) guna mengatasi problem pendidikan selama covid-19 terjadi. Adapun tujuan pembuatan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana kurikulum merdeka melaksanakan perannya dalam mengatasi problem yang terjadi pada proses pelaksanaan pendidikan akibat covid yang melanda.

Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian pendekatan studi literatur. Studi literatur digunakan karena dalam penelitian ini mengkaji dan mempelajari bahan-bahan dari data pustaka. Sumber data dari pada penelitian ini adalah dari jurnal yang memaparkan problem dari yang diteliti. Tekhnik analisis data yang digunakan untuk menarik kesimpulan adalah inferensial, yaitu cara penarikan kesimpulan dari hal yang umum kepada hal yang khusus.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-25