PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PARADIGMA HOLISTIK-INTEGRATIF-INTEKONEKTIF: (STUDI PEMIKIRAN MARAGUSTAM)

Penulis

  • Sepma Pulthinka Nur Hanip

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, Holistik-Integratif-Interkonektif, materialisme hedonistik

Abstrak

Penelitian ini berutujuan untuk mendeskripsikan pemikiran pendidikan karakter perspektif maragustam. Maragustam mencoba menggunakan paradigma holistik-integratif-interkonektif dengan cara memadukan antara ajaran Islam yang bersandarkan Al-Qur’an dan hadits, filsafat Pendidikan, local wisdom, dan tujuan pendidikan nasional sebagai bentuk sumbangan pemikiran dalam dunia pendidikan terkait tentang pembentukan karakter. metode penelitian yang digunakan adalah penelitian library research dengan pendekatan filosofis. Objek penelitian di dasari pada pandangan Maragustam yang melihat para pakar pendidikan cenderung memisahkan kerangka pendidikan karakter yang terfokus pada satu dimensi. Sehingga pendidikan karakter belum menemukan format yang baku sebagai sebuah pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pandangan Filosofis menemukan ada empat bagian terkait hakikat karakter manusia yaitu, fatalis-pasif, netral-aktif, positif-aktif dan dualisme aktif dan pada era globalisasi ini karakter manusia cenderung kepada materi untuk mencari kesenangan semata (materialisme hedonistik). (2) Nilai-nilai pendidikan karakter untuk membentuk karakter; dan (3) Internalisasi nilai-nilai dalam pendidikan karakter dilakukan melalui strategi moral knowing, moral feeling, moral action, keteladanan, dan pertaubatan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-25