PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTS DARUSSALIMIN NW SENGKOL MANTANG TAHUN AJARAN 2022/2023
Kata Kunci:
Kemampuan membaca dan menulis Al-Quran, Prestasi Belajar, Bahasa ArabAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Quran di MTs Darussalimin NW Sengkol Mantang. 2) Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa MTs Darussalimin NW Sengkol Mantang. 3) Pengaruh Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Quran Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa MTs Darussalimin NW Sengkol Mantang. Penelitian ini merupakan Fleld research (penelitian lapangan) dengan jenis penelitian kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa yang ditarik dari keseluruhan jumlah populasi siswa MTs Darussalimin NW Sengkol Mantang sebanyak 290 siswa. Teknik pengumpulan adalah observasi, wawancara angket, dokumentasi dan dianalisis denganStatistik Deskriptif dan Statistik Inferensial.
Hasil penelitian Menunjukkan Bahwa Pengaruh Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Quran siswa MTs Darussalimin NW Sengkol Mantang berada di kategori baik dimana dari 30 siswa terdapat 21 siswa berada di kategori Sangat baik dengan persentase 70,2%. Sedangkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa MTs Darussalimin NW Sengkol Mantang berada dalam kategori baik di mana dari 30 siswa terdapat 27 siswa berada pada kategori baik dengan persentase 89,9%. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Quran Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa MTs Darussalimin NW Sengkol Mantang.