PENGARUH METODE DRILL (LATIHAN) DAN PRAKTIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA DI SDI ASSYAFI'I NW TAHUN AJARAN 2022/2023

Penulis

  • Raudatun Ni'am
  • Nukman Said
  • Lalu Muh. Mansyur

Kata Kunci:

Metode Drill, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstrak

Suatu metode dalam proses pembelajaran merupakan faktor yang penting. Oleh karena itu, seorang guru harus benar-benar dapat memilih dan menentukan metode pembelajaran yang tepat dan cocok diterapkan dalam proses belajar mengajar khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengajaran dengan menggunakan metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fildresearch) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait pelaksanaan pengajaran dengan menggunakan metode drill.

Lokasi yang diteliti adalah SDI Assyafi’i NW Lombok Tengah. Dengan subjek penelitian meliputi, guru Bahasa Arab di SDI Assyafi’i NW. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan pengajaran dengan menggunakan metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab di SDI Assyafi’i NW sudah tepat. Di dalam proses pembelajarannya Guru melalui langkah persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab ini sangat efektif, dengan caranya untuk mengulang-ulang materi sangat membantu bagi pelajar yang mengikuti pembelajaran dengan latar belakang yang berbeda-beda. Selain itu, membuat pelajar aktif dalam pembelajaran, pelajar dapat bertanggung jawab dan dapat berinteraksi dengan baik dalam pembelajaran.

Dibalik itu juga terdapat kelebihan dan kelemahan dalam pelaksanaan pengajaran dengan menggunakan metode drill. Kelebihan-kelebihan tersebut, antara lain: Memudahkan pelajar dalam memahami materi bahasa Arab, memudahkan pelajar mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan pada saat diberikan latihan. Adapun kelemahan-kelemahan yang biasa terjadi, yaitu: Guru mengalami kesulitan dalam membagi waktu pembelajaran, pelajar merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode drill.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-26

Cara Mengutip

Ni'am, R., Said, N., & Mansyur, L. M. (2023). PENGARUH METODE DRILL (LATIHAN) DAN PRAKTIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA DI SDI ASSYAFI’I NW TAHUN AJARAN 2022/2023. ANNABA’ | Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, Pembelajaran Dan Pengajaran, 2(1), 50–58. Diambil dari http://jurnal.stitdarussaliminnw.ac.id/index.php/ANNABA/article/view/96