PENGGUNAAN METODE AUDIO-LINGUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs BENTENG LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2022/2023
Kata Kunci:
Metode Audio-Lingual, Pembelajaran, Mahārah al-kalāmAbstrak
Dalam pembelajaran bahasa Arab, ada beberapa keterampilan bahasa yang harus dicapai oleh peserta didik. Salah satunya yaitu keterampilan berbicara atau Mahārah al-kalām. Di VII MTs Benteng khususnya kelas VII, Mahārah alkalām merupakan keterampilan yang kurang diminati oleh siswa dan diangap sulit oleh sebagian siswa. Hal itu dikarenakan latar belakang pendidikan siswa yang berbedabeda. Oleh karena itu, guru bahasa Arab di VII MTs Benteng menerapkan metode Audio-lingual dalam pembelajaran Mahārah al-kalām. Metode Audio-lingual merupakan salah satu metode pengajaran bahasa Arab yang mengutamakan latihan pendengaran dan pengucapan secara berulang-ulang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran Mahārah al-kalām dengan metode Audio-lingual di kelas VIII di VII MTs Benteng diawali dengan persiapan, seperti menyusun silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan mempersiapkan materi yang akan diajarkan. Kemudian langakah pelakasanaan, yaitu guru membacakan percakapan bahasa Arab, siswa menyimak, kemudian siswa menirukan percakapan bahasa Arab tersebut secara bersama-sama dan berulang-ulang, guru menterjemah percakapan tersebut, kemudian siswa mempraktikan percakapan tersebut bersama temannya secara bergantian. Kemudian langkah evaluasi, yaitu evaluasi tertulis dengan cara siswa menjawab soal-soal secara tertulis yang ada di buku paket, sedangakan evaluasi tidak tertulis yaitu dengan penilaian praktik berbicara yang dilakukan siswa.