PENGARUH REWARD TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH RABITHATUSSA’ADAH LOMBOK TENGAH

Penulis

  • Nur Asri Hidayati
  • Nukman Said
  • Lalu Muh. Mansyur

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh reward terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab Madrasah Aliyah Rabithatussa’adah Lombok Tengah. Subyek penelitiannya adalah siswa-siswi kelas IX Madrasah Aliyah Rabithatussa’adah Lombok Tengah, sedangkan obyeknya adalah pengaruh reward terhadap prestasi belajar siswa kelas IX Madrasah Aliyah Rabithatussa’adah Lombok Tengah. Populasi penelitian adalah seluruh  siswa kelas IX Madrasah Aliyah Rabithatussa’adah Lombok Tengah. Karena populasi dianggap banyak, maka penulis menggunakan sampel siswa kelas IX sebanyak 31 siswa yang diteliti. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini maka penulis menggunakan angket, dan dokumentasi. Angket yang penulis sebarkan merupakan angket tertutup, terdiri dari lima alternative yaitu a,b,c, d dan e. Untuk menganalisis data penulis menggunakan analisis korelasi produc moment. Berdasarkan hasil analisa data ternyata Ha dapat diterima pada nilai korelasi 5% karena ini dibuktikan dari hasil korelasi product moment menyatakan tabel rt 0.854 > 0.355 dan nilai korelasi 1% karena ini dibuktikan dari hasil korelasi product moment menyatakan tabel rt 0.854 > 0.456. Berdasarkan analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan Reward terhadap prestasi belajar siswa kelas IX Madrasah Aliyah Rabithatussa’adah Lombok Tengah.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-16

Cara Mengutip

Hidayati, N. A., Said, N., & Mansyur, L. M. (2023). PENGARUH REWARD TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH RABITHATUSSA’ADAH LOMBOK TENGAH. ANNABA’ | Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, Pembelajaran Dan Pengajaran, 2(1), 25–39. Diambil dari http://jurnal.stitdarussaliminnw.ac.id/index.php/ANNABA/article/view/94