STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM DAMAI OLEH TUAN GURU DALAM PENYELSAIAN KONFLIK MASYARAKAT MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA

Penulis

  • PATAHANDI

Kata Kunci:

Strategi Penanaman Nilai-Nilai Islami Damai

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Tesis tentang Strategi Penanaman Nilai-Nilai Islam Damai dalam penyelesaian konflik  di Kecamatan Montong Montong Gading. Adapaun Rumusan masalah Penelitian ini adalah: bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Tuan Guru dalam   Penanaman Nilai- Nilai Islam Damai, faktor pendukung dan penghambat  dalam penyelesaian konflik di kecamatan Montong Gading. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun kesimpulan sebagai berikut: Mengajak mereka berkumpul  disatu tempat untuk berdialog, Negosiasi dan Mediasi, meredamkan masyarakat dengan memberikan sentuhan-sentuhan hati dengan pencerahan kata-kata yang lembut dan indah, Menjelaskan kepada masyarakat tentang islam melarang untuk menyebarkan ujaran kebencian atau kejelekan orang lain karna ini yang akan merusak silaturrahmi,.  Adapun faktor pendukungnya ialah Tuan Guru itu sendiri yang memiliki karisma yang tinggi di tengah-tengah  masyarakat, masyarakat itu sendiiri memiliki kesadaran dan motivasi tinnggi, tersedianya fasilitas tempat majlis, dukungan dari pihak pemerintah  mulai dari tingkat para kepala dusun, para Kepala Desa dan Camat Montong Gading.  Adapun faktor penghambatnya ialah kurangnya kesadaran, adanya peyeberan ujaran kebencian  lewat media bahwa islam itu radikal,keras dan terorisme., panatik terhadap organisasi, merasa dirinya paling benar/organisasinya paling benar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-15

Cara Mengutip

PATAHANDI. (2024). STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM DAMAI OLEH TUAN GURU DALAM PENYELSAIAN KONFLIK MASYARAKAT MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA. ANNABA’ | Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, Pembelajaran Dan Pengajaran, 3(1), 1–9. Diambil dari http://jurnal.stitdarussaliminnw.ac.id/index.php/ANNABA/article/view/17