PENERAPAN PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN PENDIKAN ISLAM PARADIGMA QUR’ANI, INTEGRATIF, DAN HOLISTIK DEMI TERWUJUDNYA INSAN IDEAL

Penulis

  • LESTARI

Kata Kunci:

Penerapan, Pembelajaran, Pengajaran, Paradigma, Qur'ani, Integratif, Holistik

Abstrak

Arah tujuan yang utama dari Pendidikan Islam terlihat dari fungsinya, yakni terbentuknya ummat Islam yang ideal, yakni manusia yang kaffah, manusia yang menjadi khalifah, manusia yang bertakwa (abid), manusia yang berilmu luas (alim), manusia yang berakhlak mulia, manusia yang berkemajuan, dan manusia yang humanis secara sosi-kultural. Untuk mencapai tujuan tersebut maka pendidikan Islam haruslah memiliki model pembelajaran dan pengajaran yang epektif serta baik. Dalam literatur keislaman kita temukan model paradigmatik pembelajaran dan pengajaran Islam yang ideal tersebut,yakni paradigma Qur’ani, integratif, dan holistik.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-14

Cara Mengutip

LESTARI. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN PENDIKAN ISLAM PARADIGMA QUR’ANI, INTEGRATIF, DAN HOLISTIK DEMI TERWUJUDNYA INSAN IDEAL. ANNABA’ | Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, Pembelajaran Dan Pengajaran, 3(1). Diambil dari http://jurnal.stitdarussaliminnw.ac.id/index.php/ANNABA/article/view/16