EFEKTIVITAS PENGGUNAAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING

Penulis

  • Yuni Lestari
  • M. Sabiq Rohmatulloh

Kata Kunci:

Whatsapp, Pembelajaran, Bahasa Arab, Daring

Abstrak

Artikel ini  memiliki tujuan untuk mengetahui efektifitas aplikasi whatsapp dalam pembelajaran bahasa Arab daring pada masa pandemi, dan mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan aplikasi whatsapp apabila diterapkan dalam pembelajaran daring.. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif.  Hasil dari penelitian ini yaitu nilai ulangan harian materi peristiwa alam  responden paling rendah  adalah 69. Sedangkan nilai paling tinggi yaitu 90. Kemudian, dapat diketahui nilai rata-rata ulangan harian adalah 84,4. dilihat pada kriteria tingkat efektivitas penggunaan whatsapp menurut widoyoko termasuk kategori efektivitas tinggi karena berada pada interval 80-89. Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi whatsapp dalam pembelajaran bahasa Arab materi peristiwa alam di SD IT Cahaya Madani Pringsewu Lampung kelas III tergolong efektif.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-19