STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NIKAI TAKWA PADA PESERTA DIDIK DI MA AL-JAMIL

Penulis

  • LESTARI STIT Darussalimin NW Praya

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam menamkan nilai-nilai takwa peserta didik di MA AL-Jamil Desa Aik Bual Kecamatan Kopang Kabupaten Lomnok Tengah. Penelitian ini dilatarbelakangi masalah yang terjadi di MA AL-Jamil, yaitu kurangnya akhlak baik pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi-strategi guru akidah akhlak dalam dalam menamkan nilai-nilai takwa pada diri peserta didik di MA Al-Jamil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, melalui analisis dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi guru akidah akhlak dalam menamkan nilai-nilai takwa peserta didik adalah yang pertama guru akidah akhlak menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan metode pembiasaan. Kedua yaitu strategi afektif dan metode keteladanan. Ketiga strategi pembelajaran kooperatif dan metode pembiasaan. Keempat, strategi CTL.

Referensi

Ali, Mohammad Daud, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Aminuddin, Aliaras Wahid, dan Moh. Rofiq, Membangun Karakter dan Kepribadian Melalui Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Bakhruddin, Mukhammad, dkk, Strategi Belajar Mengajar Konsep Dasar dan Implementasinya, Bojonegoro: Agrapana Media, 2021.

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989.

Dewai, Kumala, Atika. Hasanudin Manurung et al., Strategi dan Pendekatan Pembelajaran di Era Milenial, Tasikmalaya: Edu Publisher, 2021.

Djatnika Rachmat, Sistem Ethika Islam (Akhlak Mulia), Jakarta: Pustaka Panjimas, 1996.

Fanani, Ahwan, “Mengurai Kerancuan Istilah Strategi dan Metode Pembelajaran”, Jurnal pendidikan Islam, (2014) 8(2).

Hamzah Ja’kub, Etika Islam, Jakarta: Publicita, 1978.

Heksa, Afrita, Pembelajaran Inkuiri di Masa Pandemi, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020.

Indra, Hasbi, Pesantren dan Transformasi Sosial, Jakarta: Penamadani 2005.

Ismail. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: LSIS dan RASAIL Media Group, 2009.

Isnanto, Bayu Ardi, "Apa Itu Syiah? Sejarah, Ajaran, dan Alasan Banyak Ditolak", https://www.detik.com/hikmah/khazanah.

Kencana, Syafiie Inu, Etika Pemerintahan, Jakarta: Rineka Cipta, 1994.

Kutsiyyah, Pembelajaran Akidah Akhlak, Lekoh Barat: Duta Media Publishing, 2017.

Mastuhu, Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1999, Cet. 2.

Nasution, Wahyudin Nur, Strategi Pembelajaran, Medan: Perdana Publishing, 2016.

Nata, Abuddin, Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2009.

Rahman, Padli, Akhlak Tasawuf Memahami Dunia Esoteris Islam, Malang: Setara Pess, 2009.

Ramayulis dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2009.

Rochimah, dkk., Ilmu Kalam, Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2012.

Rusli, Ris’an, Teologi Islam, Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Samsu, Metode Penelitian Teori Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Reserach dan Development , Jambi: Pusaka Jambi, 2017.

Sani, Ridwan Abdullah, Pembelajaran Berorientasi Asesmen Kompetensi Minimum, Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Sanjaya, Putu, Pentingnya Sinergitas Keluarga Dengan Sekolah Melaksanakan Strategi Dalam Pembelajaran, Widyacarya no. 2, 2018.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenamedia Group, 2006.

Setiardja, A. Gunawan, Dialektika Hukum dan Moral dalam Membangun Masyarakat Indonesia, Yogyakarta:kanisius, 1990.

Sidiq, Umar, Muh. Miftachul Choiri, Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan, Ponogoro: CV. Nata Karya, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta 2016.

Suseno, Franz Magnis, 13 Tokoh Etika, Yogyakarta: Kanisius, 1997.

Suseno, Franz Magnis, Bersifat dari Konteks, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1992.

Suseno, Franz Magnis, Etika Jawa, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Suseno, Franz Magnis, Etika Politik: Prinsip-Prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern, Jakarta: Gramedia, 1987.

Susiloningsih, Wahyu, Model Pembelajaran CTL (Contekstual Teaching and Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, Jurnal Pedagogia No. 1/ Februari 2016.

Syuriansyah, Ahmad, dkk, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Tysara, Laudia, "pengertian metode, Tujuan, dan Contohnya", http://liputan6.com.

Ubaidah, Darwis Abu, Panduan Aqidah Ahlu Sunnah Wal Jama’ah, Jakarta: Pustaka Alkautsar, 2008.

Warasto, Hestu Nogroho, Pembentukan Akhlak Siswa, Jurnal Mandiri, 2, 1, 2018, 71-72.

Wawancara dengan bapak rudi hamdan, S.pd, Guru Akidah Akhlak MA Al-Jamil, 01 Agustus 2024, pukul 10:40 WIB

Wawancara dengan Muhammad padil, siswa MA Al-Jamil, 01 Agustus 2024, pukul 08:14 WIB

Wawancara dengan Khaerul Azwa, siswa MA Al-Jamil, 01 Agustus 2024 pukul 08:14 WIB

Wawancara dengan Yati Yatyusul, siswa MA Al-Jamil, 01 Agustus 2024, pukul 08:14 WIB

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-02

Cara Mengutip

LESTARI. (2024). STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NIKAI TAKWA PADA PESERTA DIDIK DI MA AL-JAMIL. ANNABA’ | Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, Pembelajaran Dan Pengajaran, 4(2), 1–18. Diambil dari http://jurnal.stitdarussaliminnw.ac.id/index.php/ANNABA/article/view/127