ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV & V DI SD NEGERI GELOGOR DESA MAS-MAS KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH
Kata Kunci:
Motivasi, Belajar, RendahAbstrak
Motivasi merupakan konsep yang menjelaskan alasan seseorang berperilaku Kemampuan yang memberikan peluang dan kondisi yang sama untuk mencapai tujuan, kinerja dan hasil yang dicapai oleh anak yang termotivasi akan lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak termotivasi. Motivasi menentukan tingkat berhasil atau gagalnya kegiatan belajar peserta didik.Kegagalan siswa banyak disebabkan oleh rendahknya motivasi berlajar mereka, sehingga motivasi yang menjadi bagian penting dalam keberhasilan siswa, rendahnya motivasi bisa menghambat semangat dan tujuan luhur siswa bersekolah, oleh karena itu tulisan ini hadir untuk mencoba menganalisis penyebab rendahnya motivasi belajar siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV & V Di Sd Negeri Gelogor Desa Mas-Mas Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan penyebab rendahnya motivasi belajar siswa yang kemudian menjadi pijakan awal dalam menyusun seperangkat strategi yang dapat mengatasi persoalan tersebut.
Referensi
Arifin Imron. 1996. Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu Sosian. Malang: Kalimasahada Press
Bungin Burhan. (2010). Analisis data penelitian kualitatif. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada
Hamka Abdul Azis. (2012). Karakter Guru Profesional. Jakarta. Prima. Al-Mawardi
Mukhtar. (2013). Metode praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta Selatan: Reprensi
Marno Idris. 2009. Strategi dan Metode Pengajaran. Jakarta. Ar-Ruz Media
Narkubo Cholid. 2012. Metode Penelitian. Jakarta B]umi Aksara
Ratna Aini, (2009). Pembelajaran Inovatif. http:/blog.Unila.Ac. Id/setiadi/2009/09/07. Di akses tanggal 2 Oktober
Saepudin Azwar. (2003). Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sardiman. 2011-1012,Inreraksi dan Motivasi Belajar Mengajar,Pt Rajagrafindo Persada, Jakarta
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta:Pt Raja grafindo Persada
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantiyatif.Kualitatif dan R&D Pt Alfabeta. Bandung
Sitiatava Rizema Putra. (2016). Metode pengajaran Rasulullah SAW Difa Pres. Jakarta