ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV & V DI SD NEGERI GELOGOR DESA MAS-MAS KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Penulis

  • M. NAJAMUDIN AMINULLAH STIT DARUSSALIMIN NW PRAYA

Kata Kunci:

Motivasi, Belajar, Rendah

Abstrak

Motivasi merupakan konsep yang menjelaskan alasan seseorang berperilaku Kemampuan yang memberikan peluang dan kondisi yang sama untuk mencapai tujuan, kinerja dan hasil yang dicapai oleh anak yang termotivasi akan lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak termotivasi. Motivasi menentukan tingkat berhasil atau gagalnya kegiatan belajar peserta didik.Kegagalan siswa banyak disebabkan oleh rendahknya motivasi berlajar mereka, sehingga motivasi yang menjadi bagian penting dalam keberhasilan siswa, rendahnya motivasi bisa menghambat semangat dan tujuan luhur siswa bersekolah, oleh karena itu tulisan ini hadir untuk mencoba menganalisis penyebab rendahnya motivasi belajar siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV & V Di Sd Negeri Gelogor Desa Mas-Mas Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan penyebab rendahnya motivasi belajar siswa yang kemudian menjadi pijakan awal dalam menyusun seperangkat strategi yang dapat mengatasi persoalan tersebut.

Referensi

Arifin Imron. 1996. Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu Sosian. Malang: Kalimasahada Press

Bungin Burhan. (2010). Analisis data penelitian kualitatif. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada

Hamka Abdul Azis. (2012). Karakter Guru Profesional. Jakarta. Prima. Al-Mawardi

Mukhtar. (2013). Metode praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta Selatan: Reprensi

Marno Idris. 2009. Strategi dan Metode Pengajaran. Jakarta. Ar-Ruz Media

Narkubo Cholid. 2012. Metode Penelitian. Jakarta B]umi Aksara

Ratna Aini, (2009). Pembelajaran Inovatif. http:/blog.Unila.Ac. Id/setiadi/2009/09/07. Di akses tanggal 2 Oktober

Saepudin Azwar. (2003). Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sardiman. 2011-1012,Inreraksi dan Motivasi Belajar Mengajar,Pt Rajagrafindo Persada, Jakarta

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta:Pt Raja grafindo Persada

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantiyatif.Kualitatif dan R&D Pt Alfabeta. Bandung

Sitiatava Rizema Putra. (2016). Metode pengajaran Rasulullah SAW Difa Pres. Jakarta

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-02

Cara Mengutip

Aminullah, M.HI, M. N. (2024). ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV & V DI SD NEGERI GELOGOR DESA MAS-MAS KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. ANNABA’ | Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, Pembelajaran Dan Pengajaran, 4(2), 1–11. Diambil dari http://jurnal.stitdarussaliminnw.ac.id/index.php/ANNABA/article/view/125