APLIKASI TEP BAHASA ARAB DALAM PERANCANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK

Penulis

  • Herdifa Pratama Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kata Kunci:

Teknologi, Pembelajaran, Strategi, Karakteristik, Peserta Didik

Abstrak

Perancangan terhadap strategi pembelajaran dan karakteristik peserta didik pada suatu kegiatan pembelajaran merupakan suatu bentuk usaha untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan tersistematis bagi siswa. Oleh karena itu guru sebagai pemegang kendali penuh dalam proses pembelajaran harus mampu menyusun, menguasai, dan mengaplikasikan dua hal tersebut dan dalam kaitannya dengan teknologi pembelajaran. Tulisan ini mengkaji teori dan aplikasi teknologi pembelajaran dalam program dan kegiatan pembelajaran bahasa Arab dengan terfokus pada bahasan rancangan strategi pembelajaran dan karakteristik peserta didik. Kajian teori dan aplikasi dalam pelajaran bahasa Arab ini bermuara pada model pembelajaran Al-Mahaarah Al-Lughawiyah dan Al-‘Anaashir Al-Lughawiyah sebagai bentuk adaptasi dan aplikasi dari perancangan strategi pembelajaran dan karakteristik peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-19