PENGARUH KEPASIHAN MEMBACA AL-QUR'AN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BIDANG STUDI BAHASA ARAB PADA SISWA MA DARUSSALIMIN NW SENGKOL TAHUN AJARAN 2022/2023

Penulis

  • Baiq Mikyal Zahraturrahmah Rahmah
  • Lindayana
  • Nuri Sullamul Qudsiyah

Kata Kunci:

Kefasihan Membaca Al-qur’an, Keterampilam Membaca Bahasa Arab

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kefasihan membaca al-qur’an terhadap keterampilan membaca pada bidang studi bahasa arab siswa MA Darussalimin NW Sengkol. pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, karena data yang dikumpulkan berupa angka-angka. Dalam penelitian ini ada beberapa instrumen yang peneliti gunakan dalam pengumpulan data penelitian yang dibutuhkan, diantaranya: (1) Pedoman/ panduan observasi, ini bisa berupa kolom-kolom yang berisi tentang variabel-variabel yang akan diamati. (2) Pedoman wawancara yaitu. Suatu kumpulan pertanyaan yang dibuat sebagai pedoman dalam mewawancarai responden. (3) Angket yaitu, suatu alat pengumpul data yang berbentuk pertanyaan-pertanyaan tertulis yang ditujukan kepada responden. (4) Dokumentasi yaitu, suatu alat pengumpulan data yang berupa kolom-kolom yang berisi tentang situasi dan kondisi dari obyek penelitian. Analisis data yang digunakan adalah Causal Comprativ study yaitu digunakan untuk menerangkan korelasi atau hubungan antara dua variabel. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Ada Pengaruh Kefasihan Membaca Al-Qur’an Terhadap Keterampilan Membaca Bidang Studi Bahasa Arab MA Darussalimin NW Sengkol Tahun Pelajaran 2022-2023. Hal ini terbukti dengan angka yang peneliti daptkan setelah melakukan penelitian dengan hasil diperoleh rhitung adalah (0,041) sedangkan rtabel yang di uji pada taraf signifikan 5% dengan jumlah populasi (N) = 20 adalah 0, 012. Kenyataan ini menunjukkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel (0,014 > 0,012) dengan demikian nilai korelasi yang diperoleh dari penelitian ini adalah signifikan.

Unduhan

Diterbitkan

28-04-2023