EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT DALAM MEMAHAMI TEKS QIRĀ’AH BAHASA ARAB SISWA KELAS KELAS V MI ANANDA TEMPO TAHUN PELAJARAN 2022-2023
Kata Kunci:
Media Kartu, mufradāt, qirā’ahAbstrak
Untuk meningkatkan penguasaan mufradāt atau kosa kata diperlukan media pembelajaran. Media kartu atau flashcard diyakini dapat meningkatkan penguasaan mufradāt atau kosa kata siswa, seligus dapat meningkatkan kemampuan memahami teks bahasa Arab.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh manakah efektivitas penggunaan media kartu dapat meningkatkan penguasaan mufradāt (kosa kata) siswa kelas V MI Ananda TempoTahun Pelajaran 2022-2023? dan adakah pengaruh yang signifikan peningkatan penguasaan mufradāt (kosa kata) terhadap kemampuan memahami teks qirā’ah bahasa Arab siswa kelas V MI Ananda Tempo Ngawi Jawa Timur Tahun Pelajaran 2022-2023? Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design.Kelas V F sebagai kelompok kontrol dan kelas V G sebagai kelompok eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, yaitu pre-test dan post-test.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-testmufradāt kelompok kontrol sebesar 55,11 dan post-test sebesar 68.86, artinya kelompok kontrol mengalami peningkatan sebesar 13.74 %. Sedangkan rata-rata nilai pretestmufradāt kelompok eksperimen sebesar 55.31 dan post-test sebesar 85.94, artinya kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 30.62%. Hal ini menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan 16.88% lebih tinggi dari kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara penguasaan mufradāt siswa dalam proses pembelajaran yang menggunakan media kartu atau flashcard dengan penguasaan mufradāt siswa yang dalam proses pembelajaran tanpa menggunakan media kartu atau flashcard.
Untuk mengetahui efektifitas penggunaan media kartu untuk meningkatkan penguasaan mufradāt, digunakan analisis t-test. Dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 23 diperoleh nilai t-hitung sebesar -5.783 dan nilai sig sebesar 0.000. Dengan menggunakan taraf signifikansi sebesar 0.05, diperoleh nilai t-tabel sebesar 2.03. Kurva t-hitung dan t-tabel menunjukkan bahwa t-hitung berada di area H0ditolak. Dengan demikian H1 diterima, ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.
Untuk mengetahui pengaruh penguasaan mufradāt terhadap kemampuan memahami teks qirā’ah bahasa Arab, maka dilakukan analisis uji-t (t- test). Berdasarkan hasil uji-t (t-test) terhadap koefisien regresi variabel penguasaan mufradāt diperoleh nilai t-hitung sebesar 5.043 dengan nilai Sig sebesar 0.000. Dengan menggunakan taraf signifikansi 0.05 diperoleh nilai t-tabel sebesar 2.03.Data tersebut menunjukkan bahwa nilai t-hitung > dari t-tabel (5.043 > 2.03), hal ini berarti bahwa penguasaan mufradāt secara signifikan berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan qirā’ah bahasa Arab.Berdasarkan hasil analisis regresi linier ditemukan bahwa penguasaan mufradāt memberikan kontribusi terhadap peningkatan kemampuan memahami teks qirā’ah bahasa Arab sebesar 41,8%.