PENERAPAN METODE QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NURUL IMAN NW KEMBANG KERANG TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Penulis

  • Iskhan Purnama

Kata Kunci:

Penerapan Metode Qira’ah, Pembelajaran Bahasa Arab Siswa

Abstrak

Penelitian ini membahas (1) Penerapan Metode Qira’ah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang. (2) Mengetahui Faktor Penghambat Penerapan Metode Qira’ah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa VII MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang. (3) Usaha dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan mengambil lokasi di MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang. Fokus penelitian yang diteliti adalah Guru Pendidikan Bahasa Arab dan Siswa di MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang, metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan dengan jalan melakukan penelitian langsung ke lokasi penelitian. Untuk melengkapi data penelitian metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penerapan metode qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab Siswa VII MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang perlu dikombinasikan dengan metode lain, seperti metode gramatika tarjamah, metode audio lingual ataupun metode langsung. karena adanya faktor penghambat seperti peserta didik yang belum mengenal huruf hijaiyah, kurangnya minat dalam belajar bahasa Arab, dan lemahnya kemampuan peserta didik dalam menguasai mufradat, sehingga penerapan metode qira’ah perlu dikombinasikan dengan metode lain. Dan adapun usaha yang dilakukan guru dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab siswa dengan cara memberikan pembelajaran tambahan, memberikan perhatian khusus serta perlunya penekanan kepada peserta didik dalam menghafal kosa kata.

Unduhan

Diterbitkan

21-10-2021