PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF ARAB PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS AL-MANSYURATI NW AIK BUKAK

Penulis

  • Husnul Khotimah

Kata Kunci:

Efektifitas Metode Pemberian Tugas, Prestasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstrak

Husnul Khotimah. Efektifitas Metode Pemberian Tugas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Al-Mansyurati NW Aik Bukak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: cara meningkatkan prestasi belajar melalui metode pemberian tugas pada pembelajaran Bahasa Arab di MTs Al-Mansyurati NW Aik Bukak.

Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk Pre-Experimental design, pendekatan yang digunakan yaitu Kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu one group Pretest-Posttest. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 21 orang. Sedangkan teknik sampel dalam penelitian ini adalah Sampling jenuh. Sampel yaitu kelas VII MTs Al-Mansyurati NW Aik Bukak yang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik untuk menguji hipotesis menggunakan uji N- Gain.

Hasil penelitian ini adalah prestasi belajar siswa sebelum penerapan metode pembemberian tugas dengan nilai rata-rata 76,3. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa setelah penerapan metode pemberian tugas dengan nilai rata-ratanya

86. Melalui uji hipotesis diperoleh nilai sig = 0,000 < 0,005 dengan rata-rata yaitu 0,4638 berada pada kategori sedang. Bedasarkan hasil ini dapat diketahui bahwa metode pemberian tugas efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 46,3% sedangkan sisanya sebesar 53,7% dipengaruhi faktor lain.   Dapat   disimpulkan   bahwa   (1)   terdapat   pengaruh penerapan metode pemberian tugas terhadap prestasi belajar karna pengaruh tersebut sebesar 86% . maka diduga ada sebesar 14% factor lain yang berpengaruh terhadap prestasi belajar. (2) penerapan metode pemberian tugas efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Mansyurati NW Aik Bukak.(3) selain penerapan metode pemberian tugas terdapat faktor lain yang mempengaruhi prestsasi belajar siswa yaitu dari lingkungan keluarga, peran guru, adanya cita- cita dan lingkungan teman.

Unduhan

Diterbitkan

20-10-2021