PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI METODE AL-QAWAID WA-TARJAMAH SISWA KELAS X MA AL-KAUSAR NW REBAN BURUNG

Penulis

  • Hisbiyatul Bayinah

Kata Kunci:

Metode al-Qawaid wa-Tarjamah, Media Visual Gambar, Hasil Belajar Bahasa Arab

Abstrak

Rendahnya kualitas pembelajaran Bahasa Arab di tingkat Madrasah Aliyah, seringkali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di Madrasah tersebut. Kebanyakan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar hanya datang, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi yang di berikan oleh guru. Untuk menanggulangi hal itu telah banyak metode maupun media yang cocok dan menarik untuk digunakan. Menggunakan metode dan media nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di Indonesia pada umumnya, salah satunya adalah penerapan metode al-Qawaid wa-Tarjamah dengan menggunakan media Visual Gambar. Dengan menerapkan metode dan media ini, diharapkan mutu atau kualitas pembelajaran meningkat. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara maka metode al-Qawaid wa-Tarjamah dirasa mampu meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas X dikarenakan metode ini mempunyai kelebihan yaitu menekankan pada terjemahan mufradat. Kemudian menggunakan media Visual Gambar yang diproyeksikan melalui LCD dalam bentuk Power Point. Dengan adanya metode pembelajaran dan media baru, hal ini dapat menjadi acuan dan inspirasi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa, menambah kualitas pembelajaran lebih bervariasi.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Metode al-Qawaid wa-Tarjamah dengan menggunakan Media Visual Gambar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas X di MA Al-Kausar NW Reban Burung? Bagaimanakah Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab setelah dilakukan penerapan Metode al-Qawaid wa-Tarjamah menggunakan Media Visual Gambar Siswa Kelas X di MA Al-Kausar NW Reban Burung?

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Metode al-Qawaid wa-Tarjamah dengan Media Visual Gambar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas X di MA Al-Kausar NW Reban Burung. Untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab setelah dilakukan Penerapan Metode al-Qawaid wa-Tarjamah dengan Media Visual Gambar Siswa Kelas X di MA Al-Kausar NW Reban Burung.

Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus.setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, angket, catatan lapangan dan dokumentasi yang langsung dilakukan dilapangan. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas X di MA Al-Kausar NW Reban Burung. Analisa data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi dan hasil belajar siswa mencapai 75% dari tujuan yang harusnya dicapai, dengan nilai KKM 75.

Pembelajaran Bahasa Arab melalui Metode al-Qawaid wa-Tarjamah dan Media Visual Gambar mengalami peningkatan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada soal Pre Test adalah 44,76 kemudian setelah melakukan siklus I mendapatkan nilai rata-rata 70,24 (Post Test I) dan nilai Post Test pada siklus II adalah 84,34. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan pembelajaran Bahasa Arab melalui Metode al-Qawaid wa-Tarjamah dan Media Visual Gambar bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di MA Al-Kausar NW Reban Burung.

Unduhan

Diterbitkan

16-10-2021