METODE PEMBELAJARAN MAHARATUL KITABAH DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTS NURUL IMAN NW KEMBANG KERANG

Penulis

  • Tamjiduddin

Kata Kunci:

Metode, Maharatul Kitabah, Pembelajaran bahasa Arab

Abstrak

Hal yang melatar belakangi dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa yang tadinya masih belm mahir dalam bidang menulis bahasa Arab, dengan berlatih dan bersungguh-sungguh belajar menulis sampai akhirnya bisa menulis dengan metode pengajaran menulis bahasa Arab dalam gerakan menulis yang benar ataupun yang dilihat dari segi penulisannya tersebut dapat dinilai menarik.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualilatif (qualitative reseach) dan mengambil latar di MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang, dalam hal ini meneliti bagaimana pembelajaran menulis bahasa Arab, metode pembelajaran dan faktor pendukung dan hambatan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan disajikan secara kualitatif dan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis kualitatif.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pembelajaran menulis bahasa Arab, penerapan metode pembelajaran serta faktor yang mempengaruhi siswa terhadap kemampuan menulis bahasa Arab di MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran bahasa Arab di MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang meliputi menulis huruf hijaiyyah, menyambung huruf arab menjadi sebuah kata, menyusun kata menjadi sebauh kalimat yang baik (2) Metode pembelajaran yang dipakai meliputi pendekatan individual dan rasional dengan metode yang digunakan mencakup pengajaran Khat dan metode pengajaran Imla’, serta pelaksanaan evaluasi meliputi pelatihan secara continue dan bentuk penugasan yang dilakukan oleh siswa (3) Hambatan-hambatan dalam pembelajaran menulis bahasa Arab ialah kurangnya dorongan dari orang tua, kurangnya kerjasama guru dengan siswa. Adapaun usaha guru untuk mengatasinya yaitu dengan mengadakan hubungan dengan orang tua siswa dalam rangka melibatkan koordinator bimbingan konseling, serta menambah sarana belajar yang lebih mengaktifkan belajar siswa.

Unduhan

Diterbitkan

13-05-2021