PENERAPAN METODE MUHADATSAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB DI MTS ISLAHUL UMMAH NW DASAN AMAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Kata Kunci:
Metode Muhadatsah, Keterampilan Berbahasa ArabAbstrak
Sekolah MTs Islahul Ummah NW Dasan Aman pada mata bahasa Arab masih sedikit mengalami kesulitan. Hal ini dikarenakan banyak siswa yang kurang minat akan pembelajaran bahasa Arab. Dengan menggunakan metode muhadatsah akan berdampak pada aspek maharoh qiro’ah, maharoh istima’, maharoh kalam, dan maharoh kitabah sehingga metode muhadatsah ini tidak hanya memperlancar siswa dalam maharoh kalam saja, akan tetapi berdampak pada aspek-aspek lainnya. Untuk masalah penelitian ini adalah “bagaimana penerapan metode muhadatsah dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab di MTs Islahul Ummah NW Dasan Aman?-Adapun tujuan yang dirumuskan oleh peneliti yaitu untuk mengetahui penggunaan metode muhadatsah dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab MTs Islahul Ummah NW Dasan Aman. Peneliti pada penelitian kali ini menggunakan pendekatan kuantitatif adapun tahapan teknik pengumpulan data, yaitu 1). Observasi, 2) Interview (wawancara), 3) Studi Dokumentasi. Analisis data menggunakan proses pengumpulan data, yaitu 1) Redusi Data, 2) Penyajian Data, dan 3) Verifikasi Data.Hasil penelitian menunjukkan 1). Penerapan pembelajaran muhadatsah di MTs Islahul Ummah NW Dasan Aman, khususnya kelas VII A, sudah cukup membaik. Guru melaksanakan tugas proses pembelajaran dengan penerapan strategi yang cukup variatif. Strategi pembelajarannya adalah mendengarkan teks, audio, membaca teks, menulis teks, dan berbicara atau mempraktikkan menggunkan bahasa Arab (muhadatsah). Kurikulum pembelajaran bahasa Arab yang di gunakan adalah mata pelajaran yang wajib serta untuk meningkatkan dan tumbuh minat belajar siswa. Manajemen pembelajaran meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. 2). Faktor pendukung pembelajaran bahasa Arab yaitu sarana prasarana, guru yang menyenangkan, dan menguasai materi, metode yang digunakan oleh guru, serta motivasi dalam siswa itu sendiri 3). Kualitas muhadatsah di sekolah tersebut sudah bagus akan tetapi tidak berdampak signifikan karena tidak didukung oleh lingkungan, tidak adanya disiplin, tidak menjadi bahasa wajib, kuantitas waktu yang kurang sehingga kata-kata atau kosa kata yang di sampaikan mudah lupa karena tidak di pakai.