IMPLEMENTASI METODE GRAMATIKA – TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH SISWA KELAS VIII MTS NURUL IMAN NW KEMBANG KERANG 2020/2021
Kata Kunci:
Metode Gramatika, Mahārah Al-Qirā’ahAbstrak
Latar belakang penelitian ini adalah pada umumnya seorang santri harus faham tentang ilmu agama yang sebagian besar sumbernya dengan bahasa Arab. sedangkan untuk memahaminya harus bisa membaca teks Arab. Begitu juga siswi di MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang yang dalam pembelajaran maharoh Al-Qiroah menggunakan metode gramatika-tarjamah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode gramatika - tarjamah dalam pembelajaran mahāroh al- qirō’ah siswi kelas VIII MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang, problematika, serta hasil dari pembelajaran mahāroh al- qiro’ah dengan metode gramatika-tarjamah.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yaitu suatu metode yang menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk mendapatkan keterangan yang jelas dan terperinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pelaksanaan metode ini dibagi menjadi tiga tahapan. Pada tahapan pertama membaca materi. Tahapan kedua, identivikasi gramatika terhadap teks dari struktur kalimat dan terjemah. Tahapan yang ketiga adalah membaca dan tanya jawab. Hasil dari implementasi metode ini, siswi dapat membaca dan memahami materi dengan baik berdasarkan penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik. 2). Problematika yang terjadi dalam menerapkan metode ini yaitu: (a) Kesiapan siswi yang kurang maksimal, serta tingkat kepahaman siswa yang berbeda-beda. (b) Latar belakang pendidikan ustadzah. (c) Penggunaan Arab Melayu dalam pemberian makna.