PENERAPAN METODE IMLA’ DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI NW TALUN AMBON TAHUN PELAJARAN 2020-2021
Kata Kunci:
Menulis, Bahasa Arab, Metode Imla’Abstrak
Menulis merupakan salah satu bentuk keterampilan yang sangat di harapkan terutama dalam penulisan bahasa Arab. Dalam penulisan bahasa arab itu sendiri tentu ada kaidah-kaidahnya, kaidah arab mempunyai ketentuan penulisan kata-kata kalimat arab dalam tingkat kebenarannya dapat dilihat dari aspek nahwu dan sharaf.. Pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan metode imla’ ini untuk melatih siswa dalam pendengarannya, mengukur daya ingat siswa, dan melatih penulisan. Dalam metode ini secara tidak langsung siswa juga bisa melatih berbicara dan menulis bahasa arab dengan mengulang kalimat yang telah dibacakan oleh guru.
Penelitian ini dilaksanakan di MI NW Talun Ambon bertujuan untuk mengetahui penerapan metode imla’ dalam pembelajaran menulis bahasa arab siswa kelas V MI NW Talun Ambon.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) penerapan metode imla’ dalam pembelajaran menulis bahasa arab siswa kelas V MI NW Talun Ambon yaitu (a) pemberian mufradtz, memperkenalkan huruf hijaiyah dan contoh penulisan. (b.) penggunaan tarjamah. (c) penggunaan beberapa macam dalam mengimla’: imla’ manqul, imla’ manzur, imla’ ikhtibary dan imla’ masmu’.
untuk mengetahui hasil pembelajaran bahasa arab sebelum menggunakan metode imla’ masih dibawah rata-rata maksimum dan setelah menggunakan metode imla’ hasil yang didapat siswa kelas V MI NW Talun Ambon sudah mencapai rata-rata yang ditentukan.