IMPLEMENTASI PERMAINAN EDUKATIF BERBURU GRAMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NAHWU SISWA KELAS VIII MTS NURUL KHOSYI’IN GABUS PATI

Penulis

  • Nur Lailatul Afifah Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Asep Sunarko Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Ashief El Qorny Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo

Kata Kunci:

Permainan Edukatif, Berburu Gramatika, Pemahaman Nahwu

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di MTs Nurul Khosyi’in Gabus Pati, dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan permainan edukatif berburu gramatika untuk meningkatkan pemahaman nahwu siswa kelas VIII MTs Nurul Khosyi’in Gabus Pati, (2) Peningkatan pemahaman nahwu siswa dengan menerapkan permainan edukatif berburu gramatika. (3) Perbedaan peningkatan pemahaman nahwu antara kelas VIII MTs Nurul Khosyiin Gabus Pati yang menerapkan permainan berburu gramatika dan yang tidak menerapkan permainan berburu gramatika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode permainan edukatif berburu gramatika terbukti dapat meningkatkan pemahaman nahwu siswa kelas VIII MTs Nurul Khosyi’in Gabus Pati (2) Adanya peningkatan pemahaman nahwu siswa setelah menerapkan permainan edukatif berburu gramatika yang dibuktikan dengan uji gain sebesar 0,503 yang termasuk kategori sedang. (3) Adanya perbedaan pemahaman nahwu antara kelas VIII MTs Nurul Khosyi’in Gabus Pati yang menerapkan permainan edukatif berburu gramatika dan yang tidak menerapkan permainan edukatif berburu gramatika, yang dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t sebesar 5,44. Dimana ttabel pada taraf kesalahan 1% = 2,67 dan pada taraf kesalahan 5% = 2, maka thitung > ttabel baik pada taraf kesalahan 5% maupun 1%.

Unduhan

Diterbitkan

10-06-2022